Abstrak


Konflik Batin Tokoh Sute dalam Novel Pulung Jinangkung Karya Christina Sri Purwanti (Tinjauan Psikologi Sastra)


Oleh :
Anggita Nastiti - B0117008 - Fak. Ilmu Budaya

Tujuan penelitian ini antara lain : (1) mendeskripsikan keterkaitan antar unsur struktural dalam novel yang berjudul Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti berdasarkan teori strukturalisme Robert Stanton; (2) mendeskripsikan kepribadian tokoh Sute dalam cerita novel yang berjudul Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti.; (3) Mendeskripsikan konflik batin yang dialami oleh tokoh Sute dengan tokoh yang lain dalam novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti
Landasan teori penelitian ini adalah teori pendekatan  struktural menurut Robert Stanton, pendekatan psikologi sastra, teori kepribadian menurut Carl Gustav Jung dalam Syamsu Yusuf LN dan A. Juntika Nurihsan, teori konflik menurut E.Usman Effendi dan Juhaya S. Praja. Manfaat teoretis penelitian ini adalah mampu memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, manfaat praktis penelitian ini dapat memberikan kostribusi dalam kehidupan masyarakat dan modal penelitian selanjutnya.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti dan informan Christina Sri Purwanti. Data dalam penelitian ini adalah unsur-unsur struktural yang membangun cerita novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti, aspek-aspek kepribadian tokoh Sute dan bentuk konflik batin yang dialami oleh tokoh Sute dan hasil wawancara dengan Christina Sri Purwanti.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan teknik  wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1) unsur struktural novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti menunjukkan keterkaitan antar unsur yang utuh antara unsur satu dengan yang lain, yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme dan ironi); (2) ditinjau dari kepribadian tokoh Sute dalam novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti memiliki kepribadian ekstravers yang lebih menonjol; (3) ditinjau dari masalah koflik batin, tokoh Sute dengan dirinya sendiri dalam novel Pulung Jinangkung karya Christina Sri Purwanti ini mengalami motif konflik batin approach-avoidance conflict (konflik mendekat-menjauh) dan dengan tokoh lainnya mengalami motif konflik batin avoidance-avoidance conflict (koflik menjauh-menjauh) dan approach-avoidance conflict (konflik mendekat-menjauh).

Kata Kunci : Konflik Batin, Novel Pulung Jinangkung, Psikologi Sastra, Kepribadian, Strukturalisme.