Abstrak


Hubungan Antara Keadilan Organisasi dengan Perilaku Kerja Kontraproduktif pada Komunitas Driver Ojek Online Banyumas


Oleh :
Pangesti Wulan Sari - G0114073 - Fak. Kedokteran

Perilaku kerja kontraproduktif adalah perilaku anggota organisasi yang dilakukan secara sadar dan sengaja dalam melanggar norma organisasi serta dapat mengancam pencapaian tujuan organisasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara keadilan organisasi dengan perilaku kerja kontraproduktif.
Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dari paguyuban De’SEMAR dan memanfaatkan metode uji coba terpakai pada 32 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku kerja kontraproduktif (alpha cornbach = 0,920) yang disusun peneliti sebanyak 25 aitem dan skala keadilan organisasi (alpha cornbach = 0,943) yang dimodifikasi peneliti sebanyak 28 aitem.
Hasil penelitian menggunakan korelasi produk momen pearson correlation menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keadilan organisasi dengan perilaku kerja kontraproduktif (p=0,012; r=-0,439). Penelitian ini menghasilkan hubungan yang negatif dan signifikan antara keadilan organisasi dengan perilaku kerja kontraproduktif, semakin tinggi keadilan organisasi maka perilaku kerja kontraproduktif akan semakin rendah.

Kata Kunci : perilaku kerja kontraproduktif, keadilan organisasi