;

Abstrak


Efek Pemberian Albumin Nano Topikal terhadap Kadar Sel Mast Dan Luas Penyembuhan Luka Bakar


Oleh :
Handayu Ganitafuri - S981908006 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Efek Pemberian Albumin Nano Topikal Terhadap Kadar Sel Mast Dan Luas Penyembuhan Luka Bakar. Tesis. Pembimbing  I : Dr.dr. Ardana Tri Arianto M.Si, Med, Sp.An., KNA. Pembimbing II : dr. Heri Dwi Purnomo, Sp.An, M.Kes., KMN, FIPM, KAR,, Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Latar belakang : Aplikasi topikal senyawa asam amino berefikasi pada luka bakar mampu mempercepat combustio healing pada uji klinis hewan tikus melalui proses proliferasi sel, neovaskularisasi , dan re-epitelisasi. Kandungan albumin yang terdapat dalam putih telur memberikan efek positif pada pemulihan luka bakar melalui peningkatan aliran darah dan mengurangi peradangan atau infeksi. Albumin nano topikal memiliki potensi dalam mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Akan tetapi, penelitian mengenai manfaat albumin nano masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menentukan efek pemberian albumin nano topikal terhadap penyembuhan luka bakar.

Subyek dan Metode : Penelitian eksperimental dengan sampel 27 tikus wistar, terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan akuadefs topikal setiap 8 jam sampai hari ke-7, kelompok kedua diberikan silver sulfadiazine 1% setiap 12 jam  sampai hari ke-7 dan kelompok ketiga diberikan albumin nano topikal setiap 8 jam sampai hari ke-7.Dianalisa dengan     uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji post hoc.

Hasil : Penurunan sel mast pada kelompok yang diberikan aquadest topikal sebesar sebesar 0,2%, akan tetapi penurunan tersebut tidak signifikan (p=0,936). Pada kelompok yang diberikan silver sulfadiazine 1% topikal, didapatkan penurunan sel mast yang signifikan sebesar 12.8%, (p=0,006). Pada kelompok albumin nano topikal, didapatkan penurunan jumlah sel mast yang signifikan (p = <0 p=0.004 xss=removed p=0,018 p=0,011>

Hasil uji post hoc albumin nano topikal lebih efektif dibandingkan dengan aquadest dan silver sulfadiazine 1% topikal dalam menurunkan jumlah infiltrasi (p<0> 0.05).

Kesimpulan : Albumin nano topikal lebih efektif dalam meningkatkan luas penyembuhan luka bakar dibandingkan dengan silver sulfadiazine 1%