Abstrak


Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Aplikasi Web dengan Pendekatan Computational Thinking (Unplugged Activity) pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak dan Penerapannya


Oleh :
Muhammad Anton Kuncoro - K2316033 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : 1) pengembangan dan desain aplikasi e-modul fisika berbasis web dengan pendekatan Computational Thinking (Unplugged Activity) pada materi Hukum Newton tentang gerak dan penerapannya, dan 2) penilaian ahli, praktisi, dan siswa terhadap aplikasi e-modul fisika tersebut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model Borg and Gall dengan tujuh tahapan. Tahapan tersebut antara lain : 1) penelitian dan pengumpulan informasi (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), 4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing), 5) revisi hasil uji coba (main product revision), 6) uji coba lapangan utama (main field testing), dan 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision). Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi : 1) analisis deskriptif kuantitatif menggunakan data kuesioner yang mengacu pada kriteria penilaian sikap, dan 2) analisis deskriptif kualitatif menggunakan data wawancara analisis kebutuhan.
Modul elektronik fisika yang dihasilkan berbentuk aplikasi web. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Computational Thinking beraktivitas unplugged pada topik materi Hukum Newton tentang gerak dan penerapannya. Aspek-aspek Computational Thinking meliputi ; logika, dekomposisi, algoritma, pengenalan pola, abstraksi, dan evaluasi, terwadahi dalam LKPD dengan aktivitas penemuan (inkuiri) dan penyelesaian masalah. Modul tersebut memiliki kriteria “Sangat Baik” dari ahli media pembelajaran dengan skor sebesar 247, kriteria “Sangat Baik” dari ahli materi dengan skor sebesar 108, dan kriteria “Baik” dari praktisi sebesar 166,34. Sedangkan pada uji coba lapangan awal diperoleh skor uji sebesar 73,36, dan skor uji coba lapangan utama sebesar 78,90.

Kata Kunci : e-modul, computational thinking, hukum newton tentang gerak, penelitian dan pengembangan, unplugged activity