Abstrak


Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Bashir - T811308009 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap implementasi pembelajaran pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukoharjo dilihat dari enam aspek, yaitu silabus, materi ajar, kegiatan pembelajaran, peran guru, peran siswa, dan pelaksanaan penilaian dengan indikator nilai-nilai utama karakter bangsa Indonesia yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas; (2) mengetahui dampak pendidikan karakter yang dilihat oleh guru dan yang dirasakan oleh siswa.
Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan tipologi single case study. Sumber data terdiri partisipan, dan artefak. Partisipan terdiri dari lima guru, yaitu guru PPKn, PJOK, biologi, sejarah, dan akidah akhlak serta lima siswa yang diambil secara porpusive sampling. Data dikumpulkan dari wawancara dengan partisipan, observasi kelas, dan analisis artefak. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) silabus dan materi ajar tidak memuat nilai karakter secara eksplisit. Guru menggali nilai karakter dari silabus dan materi ajar. Implementasi pendidikan karakter tampak terintegrasi dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Guru juga menguatkan nilai karakter siswa melalui peran guru, demikian pula siswa mengembangkan nilai karakter dirinya melalui peran siswa. Pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru juga dapat menumbuhkan nilai karakter. (2) Implementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh lima guru memberikan dampak positif bagi perbaikan kepribadian siswa baik menurut pengamatan guru maupun yang dirasakan oleh siswa. Indikator perbaikan kepribadian ini berupa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, menjawab salam, disiplin masuk kelas, memiliki buku pelajaran, mencatat pelajaran, mengerjakan tugas, membersihkan kelas, menghargai teman.
Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya guru secara terus menerus memperhatikan dengan sungguh-sungguh nilai karakter yang diajarkan. Saran bagi penelitian ke depan adalah penelitian tentang dilema implementasi pendidikan karakter berdasarkan kebijaksanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Agama.

Kata Kunci: implementasi pendidikan karakter, dampak pendidikan karakter, kepribadian, madrasah aliyah.