Abstrak


Pengaruh Sekolah Berasrama dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa MA Al-Mawaddah


Oleh :
Hanifah `urwatulwutsqo Rofi`ah - K7618047 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sekolah berasrama terhadap prestasi belajar Ekonomi (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi (3) pengaruh sekolah berasrama dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa MA Al-Mawaddah.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa MA Al-Mawaddah kelas X, XI, dan XII dari jurusan IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah sampel 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan juga dokumentasi. Adapun dokumentasi mengambil sumber data berupa hasil nilai penilaian akhir semester mata pelajaran Ekonomi. Uji validitas dilaksanakan dengan uji Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sekolah berasrama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi ditunjukkan dengan hasil thitung>ttabel, yaitu 4,799>1,97824, (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi ditunjukkan dengan hasil thitung>ttabel, yaitu 5,205>1,97824, dan (3) sekolah berasrama dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi ditunjukkan dengan hasil Fhitung>Ftabel, yaitu 15,901>3,06.