Abstrak


Efektivitas Strategi Pembelajaran Card Sort dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS Sub Materi Karakteristik Bioma di Dunia di SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Vina Indah Aprilia - K5418080 - Fak. KIP

Vina Indah A. K5418080. Efektivitas Strategi Pembelajaran Card Sort dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS Sub Materi Karakteristik Bioma di Dunia  di SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Maret 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara peserta didik dengan strategi Card Sort, Index Card Match, dan Ekspositori pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS sub materi karakteristik bioma di dunia di SMA N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Mengetahui apakah hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Card Sort lebih baik dibanding dengan strategi Ekspositori pada peserta didik kelas XI IPS sub materi karakteristik bioma di dunia. 3) Mengetahui apakah hasil belajar geografi peserta didik dengan strategi Index Card Match lebih baik dibanding dengan strategi Ekspositori pada peserta didik kelas XI IPS sub materi karakteristik bioma di dunia. 4) Mengetahui apakah strategi Card Sort lebih efektif dibandingkan Index Card Match terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS sub materi karakteristik bioma di dunia.

Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental  pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA N 2 Surakarta, dengan tiga kelas sampel yaitu kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji analisis data melalui uji ANAVA satu arah dan uji Tukey.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan rataan hasil belajar geografi antara peserta didik pada kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Card Sort, Index Card Match, dan Ekspositori dibuktikan dengan Fhitung=4,735 > Ftabel=3,083 dan taraf Sig 0,011<0>Card Sort lebih baik dibanding dengan Ekspositori dibuktikan dengan nilai Sig 0,043<0>Index Card Match lebih baik dibanding dengan Ekspositori dibuktikan nilai Sig 0,015<0>Card Sort sama efektifnya dengan Index Card Match terhadap hasil belajar geografi peserta didik dibuktikan dengan nilai Sig 0,910>0,05.