Abstrak


Sistem Informasi Pengelolaan Obat Dinas Kesehatan Surakarta Modul Pengadaan Stok Obat dan Inventaris Obat


Oleh :
Kinanti Wulandari - M3118048 - Sekolah Vokasi

Dinas kesehatan merupakan salah satu unsur pelaksana otonomi daerah yang memiliki tugas pokok membantu kepala daerah baik Bupati maupun Walikota dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan yang bergerak di bidang kesehatan. Tugas pokok tersebut salah satunya adalah mengatur arus lalu lintas obat yang diedarkan ke unit-unit pelayanan kesehatan daerah.
Dalam arus lalu lintas obat, pengelolaan obat haruslah diperhatikan. Pengelolaan obat tersebut meliputi beberapa proses, yaitu proses perencanaan, proses pengadaan, proses penerimaan, proses inventaris, proses pendistribusian, proses permintaan serta proses pencatatan dan pelaporan data obat.
Seperti dinas kesehatan lainnya, Dinas Kesehatan Kota Surakarta melakukan tugas pada umumnya, termasuk dalam pengelolaan obat. Dinas Kesehatan Surakarta melakukan pengadaan stok obat setiap tahun dan selalu melakukan proses inventaris yang akurat agar tidak terjadi kesalahan pada proses pendistribusian ke unit-unit pelayanan kesehatan yang dibawahi oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk mempermudah proses-proses tersebut.
Hasil dari laporan tugas akhir dengan judul “Sistem Informasi Pengelolaan Obat Dinas Kesehatan Surakarta Modul Pengadaan Stok Obat dan Inventaris Obat” adalah sistema ini dapat membantu dalam pengadaan stok obat dan inventaris obat. Sistem ini dibuat berbasis web sehingga dapat diakses oleh pihak- pihak yang berkaitan dengan pengelolaan obat di Dinas Kesehatan Surakarta.

Kata Kunci : Sistem Pengelolaan Obat, Pengadaan Stok Obat, Inventaris Obat