Abstrak


Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Gesikan Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Innestasia Hastawan - K7119121 - Fak. KIP

Innestasia Hastawan. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)  TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN  PADA SISWA KELAS V SDN 1 GESIKAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2023.

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Gesikan Kebumen tahun ajaran 2022/2023; (2) Menganalisis penerapan model PBL dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Gesikan Kebumen tahun ajaran 2022/2023; (3) Menganalisis dampak pengiring penerapan model pembelajaran PBL dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V SD Negeri 1 Gesikan Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Gesikan Kebumen tahun ajaran 2022/2023, sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada penelitian ini dilaksanakan melalui lima langkah yaitu orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pembimbingan siswa, penyajian hasil kerja, dan evaluasi pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara, menunjukkan bahwa rata-rata persentase pelaksanaan guru dalam penerapan model PBL sebesar 93?n pada siswa sebesar 92,33%; (2) Peningkatan berpikir kritis yang terjadi menunjukkan siswa mampu mengelompokkan informasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan strategi, sehingga siswa dapat menarik kesimpulan dengan tepat. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif ditunjukkan oleh siswa mampu membuat peta konsep dengan keberagaman isi dan variasi bentuk yang menarik dengan menggunakan penggunaan bahasa yang baik dan benar; (3) Dampak pengiring penerapan model pembelajaran PBL pada siswa yang diukur melalui lembar observasi dan wawancara mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Rata-rata persentase yang dicapai sebesar 91,20%, persentase ini telah mencapai target yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu sebesar 85%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam materi IPA pada siswa kelas V SDN 1 Gesikan Kebumen tahun ajaran 2022/2023.