Abstrak


Hubungan Antara Minat Membaca Buku Teks dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Kognitif Sejarah Kelas XI di SMA Negeri Kebakkramat


Oleh :
Mega Tri Lestari - K4417046 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hubungan antara minat membaca buku teks dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri Kebakkramat, (2) Mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri Kebakkramat, (3) Mengetahui hubungan antara minat membaca buku teks dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri Kebakkramat.
Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas XI di SMA Negeri Kebakkramat dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari: (1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, (2) uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa, dengan perolehan nilai sig. 0,053 < 0> ttabel 1,665 pada taraf kesalahan 10% (? = 0,1); (2) terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa, dengan perolehan nilai sig. 0,089 < 0> ttabel 1,665 pada taraf kesalahan 10% (? = 0,1); (3) terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dan kemandirian belajar secara simultan dengan hasil belajar kognitif sejarah siswa, dengan perolehan sig. 0,021 < 0> Ftabel 2,37 pada taraf kesalahan 10% (? = 0,1).

Kata Kunci: Minat Membaca, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa