Abstrak


MURAL INDOOR SEBAGAI IDENTITAS, MEDIA KOMUNIKASI DAN PROMOSI KAFE DI SURAKARTA


Oleh :
Guntur Cahyo Priyambodo - K3217034 - Fak. KIP

Guntur Cahyo Priyambodo. K3217034. MURAL INDOOR SEBAGAI IDENTITAS, MEDIA KOMUNIKASI DAN PROMOSI KAFE DI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakrta, Oktober 2022.
Penilitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gagasan pemilik kafe terhadap dipilihnya mural untuk mewakili identitas kafe, (2) mengetahui faktor- faktor mural dijadikan sebagai media komunikasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan strategi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan meliputi: informan, tempat, dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan review informan dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mural dipilih untuk mewakili identitas kafe karena banyak sisi positif yang diperoleh, yaitu dianggap sebagai seni yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah pascapenggunaan, dianggap seni yang fleksibel karena dapat dipergunakan sesuai kebutuhan di lokasi yang dianggap strategis dan mudah dijumpai pengunjung, serta secara fungsional dapat menjadi background foto bagi pengunjung. (2) Keberadaan mural-mural tersebut dapat menjadi sarana komunikasi visual untuk menyampaikan gagasan pemilik terhadap pengunjung. Selain itu mural dapat menarik pelanggan dari berbagai kalangan melalui foto yang dibagikan melalui media sosial sehingga dapat dijadikan sarana promosi tidak langsung.