Abstrak


Sistem Informasi Pergudangan Bahan Makanan Kering


Oleh :
Muthia Amesthi Saharani - M3118061 - Sekolah Vokasi

Gudang merupakan bagian inti dalam sebuah perusahaan atau toko. Pada toko bahan makanan tentunya gudang menjadi aktivitas utama dalam hal pengelolaan transaksi barang dan stok barang.
Beragamnya jenis barang yang tersedia pada gudang membuat petugas gudang kewalahan dalam pengelolaan stok gudang. Selain itu sulitnya petugas gudang untuk memantau atau mengecek informasi transaksi barang yang nantinya akan berpengaruh dengan stok dalam gudang. Hal tersebut berdampak pada akurasi perhitungan stok barang, dimana sering terjadi perbedaan antara pencatatan dengan stok barang yang terdapat dalam gudang. Petugas gudang juga kesulitan untuk mengingat tanggal kedaluwarsa pada barang yang tersedia dalam gudang. Sehingga akan bahaya apabila barang yang telah memasuki masa kedaluwarsa tetap diedarkan pada konsumen.
Oleh karena itu, dengan pembuatan sistem informasi pergudangan bahan makanan kering ini bertujuan untuk melakukan pencatatan transaksi barang dan stok barang, mengingatkan petugas gudang dalam hal barang yang telah memasuki masa kedaluwarsa, hingga mencetak laporan transaksi barang dan stok barang berdasarkan range tanggal yang diinginkan.

Kata kunci : Gudang, sistem informasi pergudangan, bahan makanan kering, stok barang