Abstrak


Pola Penalaran dan Unsur Pembangun Paragraf pada Editorial Media Indonesia dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Editorial di SMA


Oleh :
Reza Pangestika - K1218060 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) pola penalaran padaeditorial Media Indonesia; (2) unsur pembangun paragraf pada editorial Media Indonesia; (3) Pemanfaatannya sebagai bahan ajar menulis teks editorial di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi analisis isi pada hasil wawancara dan dokumen. Sumber data penelitian berupa dokumen, yaitu editoarial Media Indonesia edisi Januari 2022.  Teknik pengambilan   sampel menggunakan purposive sampling.    Guna menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik mengalir Milles and Huberman.

            Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan teknik tersebut serta analisis data yang dilakukan peneliti tentang pola penalaran dan unsur pembangun paragraf pada editorial Media Indonesia diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ditemukan 94 data pola penalaran, yakni pola penalaran induktif sebanyak 34 data dan pola penalaran deduktif sebanyak 60 data. (2) Ditemukan 94 data unsur pembangun paragraf pada delapan judul editorial yang dianalisis, yaitu paragraf yang memiliki tiga unsur sebanyak 11 data dan paragraf yang memiliki 2 unsur sebanyak 83 data; (3) hasil penelitian ini relevan dijadikan bahan ajar keterampilan menulis teks editorial kelas XII di SMA.