;

Abstrak


PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM PESERTA DIDIK SMA NEGERI COLOMADU


Oleh :
Wintari Ningsih - S101908013 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan E-modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) menguji kevalidan E- modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 3) menguji kepraktisan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 4) menguji keefektifan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan milik pengembangan 4-D milik Thiagarajan, dkk (1974) yang terdiri dari empat tahap utama, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap define didapatkan tujuan pengembangan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah. Pada tahap design didapatkan karakteristik E- Modul berbasis PBL yang memiliki kekhususan menggunakan model PBL dan pada bagian materi E-Modul diorientasikan pada lingkungan sekitar. Pada tahap develop didapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan E-Modul, hasil kevalidan dan kepraktisan menunjukkan bahwa E-Modul berbasis PBL dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Pada tahap disseminate dilakukan uji keefektifan dengan populasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri Colomadu. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan cluster random sampling yang mengacu pada kelompok. Sampel penelitian yang digunakan peneliti yakni kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 35 siswa. Didapatkan hasil uji keefektifan E-Modul berbasis PBL materi Ekosistem dinyatakan efektif untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa dibuktikan dengan hasil uji ANCOVA dengan nilai signifikansi 0,000 dan rata-rata nilai pascates tertinggi sebesar 490. setelah dilakukan uji keefektifan, penyebaran hasil produk dan penelitian dilakukan dengan melakukan publikasi artikel pada seminar internasional dan jurnal terakreditasi SINTA.