Abstrak


GOD OF WAR DALAM MITOLOGI YUNANI SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS


Oleh :
Leonardo Damar Prakoso - C0618039 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Leonardo Damar Prakoso. C0618039. 2018. Cerita God of War Dalam Mitologi Yunani. Pengantar Karya Tugas Akhir (S-1). Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebalas Maret.

Tulisan ini merupakan kajian ilmiah pendukung karya Tugas Akhir yang berwujud karya seni lukis yang bersumber pada cerita God of War dalam Mitologi Yunani.

Penciptaan karya lukis dirumuskan ke dalam beberapa persoalan antara lain:

Apa yang dimaksud dengan “God of War”, 2) Mengapa cerita God of War dalam Mitologi Yunani dipilih sebagai sumber ide dalam penciptaan karya Tugas Akhir, 3) bagaimana visualisasi karya seni lukis yang bersumber ide dari cerita God of War dalam Mitologi Yunani. Kajian mengenai cerita God of War diimplementasikan ke dalam karya seni lukis dengan menggunakan bahasa visual berupa objek-objek yang dikomposisikan dalam sebuah bidang kanvas dengan gaya surealis dan teknik arsiran kuas menggunakan bahan cat akrilik. Karya-karya tersebut mengandung pesan-pesan yang berisi penjelasan mengenai karakteristik dewa yang digambarkan dalam bentuk peperangan dewa-dewa Olympus di Yunani.