Abstrak


Politik dan Alutsista Angkatan Udara Republik Indonesia Tahun 1945-1965


Oleh :
Leonardo Wisnu Prasetyo - B0417031 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi politik Indonesia dan proses pengadaan dan penggunaan alutsista bagi AURI pada masa Revolusi Kemerdekaan 1945-1949. (2) kondisi politik Indonesia serta proses pengadaan dan penggunaan alutsista bagi AURI pada masa Demokrasi Parlementer 1950-1959. (3) kondisi politik Indonesia serta pengadaan dan penggunaan alutsista bagi AURI pada masa Demokrasi Terpimpin 1960-1965.
Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode historis meliputi heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi data (analisis data) dan tahap terakhir yaitu historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini menggunakan sumber berupa arsip, surat kabar serta didukung dengan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, sehingga mampu memberikan gambaran mengenai alutsista yang digunakan oleh AURI pada tahun 1945-1965.
Berdasarkan analisis dari sumber yang digunakan bahwa AURI mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu 20 tahun. Armada alutsista modern yang dimiliki tak hanya digunakan sebagai show of force AURI semata namun langsung diterjunkan dalam operasi militer guna menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia baik dari ancaman dalam negeri maupun luar negeri, seperti Trikora dan Dwikora, sesuai dengan tugas pokok yang diemban oleh AURI.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengadaan serta penggunaan alutsista oleh AURI pada tahun 1945 hingga 1965 merupakan hasil dari politik luar negeri yang diambil pemerintah Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari komposisi alutsista yang dimiliki hingga tahun 1965 berupa alutsista buatan Blok Barat dan Timur. Seiring dengan perkembangan AURI menjadi suatu Angkatan Udara yang kuat dengan beragam alutsista modern, neraca keuangan negara mengalami defisit dengan hutang yang menumpuk sehingga Indonesia mengalami masa krisis ekonomi pada akhir Orde Lama.

Kata Kunci : sejarah militer, AURI, alutsista