Abstrak


ANALISIS PERENCANAAN BEBAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 SEBAGAI STRATEGI PENGHEMATAN PAJAK (STUDI KASUS PADA PT X YOGYAKARTA)


Oleh :
Wiwid Wahyu Budiasih - V1520090 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode perhitungan PPh pasal 21 manakah yang dapat digunakan oleh perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi tax planning PPh pasal 21 yang dilakukan perusahaan dalam upaya mengoptimalkan beban pajak.

Langkah penelitian ini dilakukan dengan membandingkan teori dan praktik yang dilakukan oleh perusahaan. Pengolahan data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing metode perhitungan PPh pasal 21 mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan net method yang dilakukan oleh perusahaan dirasa kurang menguntungkan bagi perusahaan, karena perusahaan mengeluarkan uang yang tidak dapat dibiayakan. Penggunaan gross method dirasa juga kurang menguntungkan bagi karyawan, karena gaji yang diterima tidak utuh. Penggunaan gross up method merupakan jalan tengah. Perusahaan dapat membiayakan tunjangan pajak yang diberikan kepada karyawan, dan karyawan merasa disejahterakan oleh perusahaan.