Abstrak


TINGKAT KECEMASAN SEBELUM BERTANDING ATLET PRESTASI PENCAK SILAT BINAAN IPSI KABUPATEN WONOGIRI


Oleh :
M. Agus Syarifudin St. Pamungkas - O0218058 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

M. Agus Syarifudin ST. Pamungkas. O0218058. TINGKAT KECEMASAN SEBELUM BERTANDING ATLET PRESTASI PENCAK SILAT BINAAN IPSI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat kecemasan intrinsik dan ekstrinsik sebelum bertanding atlet prestasi pencak silat binaan IPSI Kabupaten Wonogiri dengan menggunakan angket tertutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian ini adalah atlet prestasi pencak silat binaan IPSI Kabupaten Wonogiri dengan jumlah 30 atlet yang terdiri dari 13 atlet putra 17 atlet putri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi yang diberikan kepada atlet prestasi pencak silat binaan IPSI Kabupaten Wonogiri. Validitas alat ukur penelitian menggunakan review professional judgement atau dibimbing oleh orang yang ahli dibidangnya. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase.

Maka hasil tingkat kecemasan intrinsik sebelum bertanding atlet prestasi pencak silat binaan IPSI Kabupaten Wonogiri memiliki kategori rendah. Sedangkan tingkat kecemasan ekstrinsik sebelum bertanding atlet prestasi pencak silat binaan IPSI Kabupaten Wonogiri memiliki kategori sedang.