Abstrak


INOVASI PELAYANAN PAK CAMAT RAMAH (PAKET PENCATATAN KEMATIAN ANTAR SAMPAI KE RUMAH) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGAWI


Oleh :
Dwi Ayu Sulistyaningrum - E3119043 - Sekolah Vokasi

Dwi Ayu Sulistyaningrum. E3119043. 2023. INOVASI PELAYANAN PAK CAMAT RAMAH (PAKET PENCATATAN KEMATIAN ANTAR SAMPAI KE RUMAH) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGAWI. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesadaran masyarakat Kabupaten Ngawi yang masih rendah dalam pengurusan akta kematian dan bagaimana perancangan inovasi pelayanan paket pencatatan kematian untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kematian. Penelitian ini berjenis empiris dengan sifat deskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Kabupaten Ngawi yang masih rendah dalam pengurusan akta kematian disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai akta kematian dan fungsinya serta masyarakat merasa tidak membutuhkan akta kematian. Peneliti melakukan perancangan inovasi pelayanan paket pencatatan kematian antar sampai ke rumah untuk mengatasi rendahnya kesadaran masyarakat dan minimnya pelaksanaan Buku Pokok Pemakaman. Terdapat 3 mekanisme perancangan inovasi pelayanan yaitu pelaporan oleh Ketua RT secara daring, luring, dan melalui kecamatan bagi desa/kelurahan yang belum menjalankan aplikasi SIAK.