Abstrak


STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KAMPUNG TENUN IKAT BANDAR KIDUL KOTA KEDIRI


Oleh :
Dyah Puspita Hati - V0220024 - Sekolah Vokasi

Dyah Puspita Hati, V0220024, 2023. Strategi Promosi melalui Media Sosial Instagram di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokai. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kota Kediri memiliki beragam potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, salah satunya wisata budaya Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri. Melalui Pokdarwis, kampung ini memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana berbagi informasi serta sebagai media komunikasi, namun masih kurang optimal dalam pengelolaannya, dikarenakan pengelola belum bisa berkomitmen dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial Instagram dan kurangnya ide yang tertuang dalam pembuatan konten sehingga menjadikannya kurang menarik. Untuk itu, Tugas akhir ini mengkaji tentang Strategi Promosi melalui Media Sosial Instagram di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi promosi, kendala, dan solusi dalam mempromosikan Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul di Kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, yakni teknik analisis data yang tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka, melainkan memberi paparan dalam bentuk uraian naratif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan Pokdarwis dalam melakukan promosi dengan mengaplikasikan analisis 5 alat promosi yakni advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan perseorangan), public relations (hubungan masyarakat), dan direct marketing (penjualan langsung). Strategi promosi yang dilakukan melalui media sosial Instagram yakni dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti unggahan feed, unggahan story, DM atau direct message dan reels pada laman Instagram @darwistenun.bandarkidul. Namun pengelola memiliki kendala dalam mengoperasikan media sosial Instagram tersebut, diantaranya kurang menarik dalam pemilihan ide konten dan kurangnya konsistensi dalam pembuatan konten. Adapun solusi yang diambil pengelola dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan pembuatan website dan komitmen konsistensi dalam mengunggah konten yang lebih menarik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan strategi promosi melalui media sosial instagam di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri yang sudah dilakukan dengan maksimal oleh pengelola. Kendala yang ditemukan juga dapat disikapi dengan baik dan juga sudah ditemukan solusi untuk menangani.