Abstrak


Strategi Promosi melalui Media Sosial Instagram di Daya Tarik Wisata Umbul Gunung Tugel Sumberjo Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Dimas Ari Novanton - V0220020 - Sekolah Vokasi

Dimas Ari Novanton, V0220020. 2020. Strategi Promosi melalui Media Sosial Instagram di Daya Tarik Wisata Umbul Gunung Tugel Sumberjo Kabupaten Karanganyar. Progam Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran, melalui share foto-foto produk penjual, dan memilki banyak followers. Pengelola Wisata Umbul Gunung Tugel sudah memanfaatkan media sosial instagram guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberikan informasi terkait Umbul Gunung Tugel. Namun karena strategi promosinya yang kurang konsisten dalam mengunggah konten melalui media sosial instagram sehingga menyebabkan wisata ini belum dapat berkembang dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui perancangan strategi guna meningkatkan kunjungan wisatawan di Umbul Gunung Tugel.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini yaitu Metode deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Aditya Bagas selaku pengelola Wisata Umbul Gunung Tugel data juga diperoleh dengan hasil observasi dan hasil studi pustaka melalui buku, jurnal sesuai dengan yang sedang dianalisis.
Strategi promosi yang digunakan pengelola Umbul Gunung Tugel melalui proses media promosi dengan memanfaatkan fitur-fitur instagram. Namun dalam strategi promosi tersebut menemui kendala berupa kekurangan SDM pada divisi digital marketing dan kurang konsisten dalam mengunggah konten. Solusi untuk menghadapi kendala tersebut dengan menambah SDM yang kompeten di bidangnya dan menentukan waktu dalam mengunggah konten. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan strategi promosi di Umbul Gunung Tugel melalui kerjasama dengan influencer.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi yang telah dilakukan berhasil dan berdampak positif ditandai dengan banyaknya like, viewers dan komentar yang berisikan apresiasi serta meningkatnya jumlah kunjugan wisatawan di Umbul Gunung Tugel.