Abstrak


Meningkatkan Hasil Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Media Audiovisual pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Tahun Ajaran 2023


Oleh :
Novi Nur Rahmawati - O0119090 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan renang pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Tahun ajaran 2023 melalui model pembelajaran teknik renang gaya bebas menggunakan media audiovisual.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo yang berjumlah 32 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik interaktif dengan hasil pesentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran teknik renang gaya bebas menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan renang gaya bebas pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Tahun Ajaran 2023. Dengan hasil Siklus I dengan 62,50% peserta didik mencapai tingkat ketuntasan, sementara 37,50% peserta didik belum mencapai ketuntasan. Pada Siklus II  yaitu 81,25% peserta didik tuntas dalam melakukan teknik dasar renang gaya bebas dan sisanya 18,75% peserta didik tidak tuntas dalam pelajaran ini.

Simpulan penelitian ini adalah dengan adanya model pembelajaran menggunakan media audivisual dapat meningkatkan kemampuan renang gaya bebas pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Tahun Ajaran 2023.