Abstrak


HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA


Oleh :
Alley Abraham Gracio Yeat - G0019019 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Alley Abraham Gracio Yeat, G0019019, 2023. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Gadget digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Mahasiswa kedokteran cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk dan menggunakan gadget untuk memenuhi kebutuhan akdemiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, sebanyak 251 sampel. Penilaian durasi penggunaan gadget menggunakan kuesioner. Penliaian kualitas tidur menggunakan kuesioner PSQI versi bahasa indonesia. Data dianalisis dengan uji koefisien kontingensi.

Hasil: Dari 251 subjek penelitian yang diteliti dalam penelitian ini, didapatkan hasil yang signifikan p=0,023. Didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,142.

Simpulan: : Terdapat hubunan yang signifikan antara durasi penggunaan gadget dengan kualitas tidur pda mahasiswa kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.