Abstrak


Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self-efficacy terhadap Minat Berwirausaha yang Dimediasi Individual Entrepreneurial Orientation pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS


Oleh :
Lafifah Wijayanti - K7618056 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2019 dan 2020, (2) Pendidikan Kewirausahaan terhadap Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2019 dan 2020 (3) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2019 dan 2020 (4) mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha yang dimediasi Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2019 dan 2020 (5) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha yang dimediasi Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan tahun 2019 dan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan simple random sampling dengan jumlah sampel 124 mahasiswa. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket berupa google form dengan skala pengukuran likert lima poin. Analisis data dilakukan dengan path analysis, analisis statistik deskriptif dan inferensial, dengan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebagai uji persyaratan yang diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 26.
Temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan kewirausahaan dan self-efficacy secara parsial terhadap Individual Entrepreneurial Orientation (IEO), serta terdapat pengaruh positif dan signifikan Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) terhadap minat berwirausaha pada taraf signifikansi 0,05. Hubungan mediasi ditemukan pada pengaruh tidak langsung self-efficacy melalui Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) yang berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Namun pendidikan kewirausahaan melalui Individual Entrepreneurial Orientation (IEO) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.