Abstrak


STUDI KEPUSTAKAAN: LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL


Oleh :
Diva Violina Sholati - K3119033 - Fak. KIP

Diva Violina Sholati. K3119033. Pembimbing I: Dr. Naharus Surur, M. Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Asrowi, M. Pd. STUDI KEPUSTAKAAN: LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi sasaran pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal, (2) mengidentifikasi teknik apa yang digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal, (3) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal, serta (4) mengidentifikasi keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 23 sumber data berupa jurnal penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi.

Hasil penelitian ini (1) sasaran pelaksanaan layanan bimbingan adalah peserta didik jenjang SMP, SMA, dan SMK yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah (pasif, kurang percaya diri, tidak terbuka, kurang empati dan kesulitan memulai komunikasi interpersonal) (2) teknik yang paling banyak dipilih adalah teknik diskusi kelompok karena teknik ini memungkinkan interaksi antar anggota kelompok sehingga efektif  untuk melatih keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik (3) prosedur pelaksanaan layanan bimbingan kelompok rata-rata memiliki empat tahap yaitu pembentukan, transisi, kegiatan, dan pengakhiran (4) keberhasilan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik.

Implikasi hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dan empat tahap dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik. Untuk maksud tersebut disarankan guru BK untuk belajar dan meningkatkan keterampilan yang telah dimiliki agar dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan pengembangan variasi teknik diskusi kelompok dengan optimal.