Abstrak


Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Terhadap Penurunan Perilaku Hiperaktivitas Anak Dengan ADHD Di SLB E Bhina Putera Surakarta


Oleh :
Larasati Nurbaiti Andikawati - K5119037 - Fak. KIP

Larasati Nurbaiti Andikawati. K5119037. EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PENURUNAN PERILAKU HIPERAKTIVITAS ANAK DENGAN ADHD DI SLB E BHINA PUTERA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Terhadap Penurunan Perilaku Hiperaktivitas Anak dengan ADHD di SLB E Bhina Putera Surakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD) kelas tiga SLB E Bhina Putera Surakarta berjumlah satu peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Penelitian ini menggunakan uji validitas isi menggunakan rumus perhitungan Aikens V dan uji reliabilitas menggunakan ICC (Interclass Correlation Coefficient). Penelitian menggunakan metode penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahapan yakni baseline 1 (A1), intervensi (B). dan baseline 2 (A2). Pengambilan data menggunakan teknik observasi dengan pencatatan frekuensi perilaku. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tiga fase penelitian tersebut fase baseline 1 (A1) mean level 33 kali, fase intervensi (B) mean level 27 kali, dan fase baseline 2 (A2) mean level 24 kali. Semua data dalam tiga fase penelitian memiliki kestabilan data 100%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa permainan tradisional engklek efektif digunakan untuk menurunkan perilaku hiperaktif anak dengan ADHD di SLB E Bhina Putera Surakarta.