Abstrak


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMANYA PROSES PENGERJAAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGELUARAN PADA BPKPAD KAB. SUKOHARJO


Oleh :
Erni Arifin - V1520036 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya pengerjaan laporan pertanggungjawaban pengeluaran pada BPKPAD Kabupaten Sukoharjo khususnya di bidang AKPAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan sumber data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh di bidang AKPAD pada BPKPAD Kabupaten Sukoharjo.

Hasil yang diperoleh bahwa penyusunan laporan pertanggungjawaban pengeluaran di bidang AKPAD pada BPKPAD Kab. Sukoharjo sudah dilakukan berdasarkan pada peraturan yaitu Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 80 Tahun 2022, tetapi dalam pengerjaan laporan pertanggungjawaban sering kali masih mengalami kendala. Kendala yang terjadi yaitu penggunaan waktu pengerjaan laporan pertanggungjawaban pengeluaran yang cukup panjang. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor diantaranya faktor ketidaklengkapan dokumen dan syarat administratif dokumen, sistem, proses pemindaian dokumen, proses penyelesaian dokumen fisik, dan pengelolaan dokumen pendukung yang kurang efektif.