Abstrak


PENGARUH IKLAN MODEL EPIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO SUNSILK SOFT AND SMOOTH ACTIV-INFUSION PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SEBELAS MARET ANGKATAN 2018 – 2022


Oleh :
Annisa Firdausi - D0218011 - Fak. ISIP

Annisa Firdausi. D0218011. Pengaruh Iklan Model EPIC terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Sunsilk Soft and Smooth Activ-Infusion Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Angkatan 2018 – 2022. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. 2018.

Sunsilk merupakan salah satu produk toiletries terunggul dari PT Unilever, Tbk. dan sudah hadir sejak tahun 1952. Dengan produk yang terus eksis dan kerap bertengger di Top Brand Award Indonesia, Sunsilk tidak pernah absen menggunakan iklan sebagai salah satu strategi marketingnya, yang artinya iklan masih dianggap mampu menarik keputusan pembelian konsumen.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan EPIC Model (oleh AC Nielsen) untuk mengukur pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian. Model EPIC mencakup empathy (empati), persuassion (persuasi), impact (dampak), dan communication (komunikasi).

Data diperoleh menggunakan kuesioner/angket yang dibagikan kepada responden, yang dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret angkatan 2018 – 2022.

Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa empati, persuasi, dampak, dan komunikasi baik secara individu maupun bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Sunsilk Soft and Smooth Activ-Infusion di kalangan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret angkatan 2018 – 2022.