Abstrak


Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Gaji Induk Pegawai Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia


Oleh :
Meirystha Eka Putri - V1420055 - Sekolah Vokasi

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dalam mengelola anggaran atas pengeluaran belanja pegawai dikelola oleh biro keuangan BNN RI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi gaji induk dan kesesuaian implementasi terhadap SOP gaji induk yang merupakan salah satu pengeluaran atas belanja pegawai. Serta mengetahui kendala dan upaya yang dalam pembayaran gaji induk.

Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara kepada pihak terkait yaitu sub bagian pelaksanaan gaji pada biro keuangan BNN RI dan pengambilan data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari objek penelitian.

Berdasarkan pengamatan penulis terhadap penelitian ini menunjukkan bahwa pembayaran gaji induk telah menggunakan sistem aplikasi gaji. Hasil evaluasi pembayaran gaji induk menunjukkan bahwa pembayaran telah sesuai dengan SOP yang berlaku. Namun, masih adanya perubahan data pegawai yang belum sesuai sehingga mengharuskan data tersebut dikembalikan kepada Biro SDMA. Hal ini, perlunya pengecekkan ulang atau lebih teliti dalam memeriksa perubahan data dengan data pegawai yang terbaru.