Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Nearpod pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Kartasura


Oleh :
Asia Permata Sukaca - K1317007 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan nearpod pada materi trigonometri yang valid dan praktis, 2) mengetahui apakah media pembelajaran matematika interaktif berbantuan nearpod pada materi trigonometri efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Kartasura.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 1 Kartasura yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis kevalidan dilakukan dengan cara menghitung rerata skor penilaian dari ahli materi dan ahli media. Media dikatakan valid, apabila skor rerata penilaian dari para ahli memenuhi kriteria minimal baik. Analisis kepraktisan dilakukan dengan cara menghitung rerata skor angket respon guru dan siswa. Media dikatakan praktis, apabila skor rerata angket respon guru dan siswa memenuhi kriteria minimal baik. Analisis keefektifan media dilakukan dengan cara melakukan uji keseimbangan rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Media dikatakan efektif, apabila pada uji-t menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif lebih unggul daripada rerata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif.
Hasil analisis, menunjukkan bahwa media valid digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 4,8 (Sangat Baik) dan ahli media sebesar 5 (Sangat Baik). Media praktis digunakan berdasarkan angket respon guru sebesar 3,7 (Baik) dan angket respon siswa sebesar 3,89 (Baik). Berdasarkan analisis keefektifan, pada uji-t menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, media pembelajaran matematika interaktif berbantuan nearpod pada materi trigonometri ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kartasura. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan nearpod pada materi trigonometri valid dan praktis untuk digunakan, 2) media pembelajaran matematika interaktif berbantuan nearpod pada materi trigonometri efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kartasura.

Kata Kunci : hasil belajar, media pembelajaran interaktif, nearpod