Abstrak


ANALISIS PROSES CARGO HANDLING OUTGOING MELALUI PESAWAT UDARA PADA PT ANGKASA PURA LOGISTIK KC SOLO


Oleh :
Apriliana Adrianingsih - V1220013 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat komplain yang tidak sesuai pada tempatnya yaitu adanya komplain dari pengguna jasa kepada karyawan Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) PT Angkasa Pura Logistik KC Solo terhadap kesalahan maskapai yang dimana itu diluar kendali dan bukan merupakan tanggung jawab perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi alur proses cargo handling khususnya outgoing. Penulis juga menjelaskan mengenai permasalahan dan kendala yang terjadi pada pengiriman kargo udara.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif menggunakan analisis Fishbone yang bertujuan bertujuan menguraikan sebab akibat dari faktor penghambat permasalahan yang diteliti pada Tugas Akhir ini. Metode lain yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif yaitu mendiskripsikan data dan fakta yang ditemukan selama penelitian.

Hasil penelitian ini adalah diketahuinya alur proses cargo handling outgoing dan incoming beserta seluruh komponen di dalam setiap alurnya yang menjadi informasi bagi pengguna jasa yang akan mengirimkan barangnya serta memberikan masukan untuk dijadikan evaluasi bagi PT Angkasa Pura Logistik KC Solo.