Abstrak


Hubungan Beban Kerja Mental dan Kualitas Tidur terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja di PT PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bukittinggi


Oleh :
Putri Kharisma - R0217080 - Sekolah Vokasi

Putri Kharisma, R0217080, 2023. Hubungan Beban Kerja Mental dan Kualitas Tidur terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja di PT PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bukittinggi. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang : Terjadinya kelelahan kerja membuat produktivitas pekerja menurun, sedangkan pekerjaan yang dicapai harus selalu terpenuhi. Faktor eksternal seperti beban kerja mental dan faktor internal seperti kualitas tidur dapat menjadi penyebab terjadinya kelelahan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja mental dan kualitas tidur terhadap kelelahan kerja pada pekerja PLN.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden 44 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui data beban kerja mental, kualitas tidur, dan kelelahan kerja. Teknik analisis data bivariat menggunakan uji somers’d dan multivariat menggunakan regresi logistik ordinal.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara beban kerja mental terhadap kelelahan kerja dengan nilai p-value 0,535 (p-value > 0,05), sedangkan hasil uji statistik kualitas tidur terhadap kelelahan kerja yaitu p-value 0,019 (p-value < 0>

Simpulan : Terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan kelelahan kerja. Namun, tidak terdapat hubungan antara beban kerja mental terhadap kelelahan kerja.