Abstrak


Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten


Oleh :
Rahma Galuh Pangestuti - V0720070 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Rahma Galuh Pangestuti. V0720070. Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten. Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2023. 81 halaman.

Pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan peningkatan kesempatan kerja berpengaruh pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tantangan utama dalam bidang ketenagakerjaan saat ini adalah tingkat pengangguran yang masih tinggi. Peningkatan kompetensi kerja bagi pencari kerja perlu dioptimalkan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berdaptasi dalam dunia ketenagakerjaan. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten terus berusaha dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan solusi masalah ketenagakerjan terutama bagi pencari kerja Solusi tersebut di implementasikan dengan peluncuran aplikasi berbasis website “Sistem Informasi Ketenagakerjaan dan Industri (SIKENDI)”. Inovasi pelayanan berbasis website ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas program pelayanan publik dalam mencapai electronic government melalui kemajuan teknologi dan informasi.  
Tujuan pengamatan ini adalah untuk mendeskrisikan sistem informasi pelayanan ketenagakerjaan melalui aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten dan mengidentifikasi kendalanya. Jenis pengamatan yang digunakan penulis dalam penulisan tugas akhir ini adalah deskriptif kualitatif dengan observasi partisipasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode observasi terkait sistem yang digunakan, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis yaitu aplikasi SIKENDI adalah aplikasi berbasis website yang digunakan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten dalam melaksanakan pelayanan ketenagakerjaan. Alur Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten meliputi pembuatan kartu pencari kerja atau AK-l, informasi lowongan kerja dan pelatihan. Komponen-komponen Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten terdiri dari hardware, software, brainware, prosedur, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Output dari Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi SIKENDI di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten berupa kartu pencari kerja atau kartu AK-1, pendaftaran lowongan kerja dan pelaksanaan pelatihan kerja.