Abstrak


Pengelolaan Arsip Kerja Sama Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kerja Sama (SIKERSA) di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Vita Risma Saputri - V0720085 - Sekolah Vokasi

Pengelolaan arsip kerja sama di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara mengelola arsip kerja sama pada Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Pengelolaan arsip kerja sama di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar ini menggunakan aplikasi bernama “Sistem Informasi Kerja Sama (SIKERSA)”. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Arsip Kerja Sama Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kerja Sama (SIKERSA) di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar.

Jenis pengamatan ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam Tugas Akhir ini berasal dari peristiwa, narasumber, dan dokumen yang ada di instansi. Lokasi pengamatan ini dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar yang terletak di Jalan Lawu Nomor 385 B, Cangakan, Karanganyar, Jawa Tengah 57712.

Hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa pengelolaan arsip kerja sama melalui aplikasi Sistem Informasi Kerja Sama (SIKERSA) di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan menggunakan 2 versi yang berbeda. Dalam melakukan penginputan arsip kerja sama yaitu menggunakan SIKERSA admin, sedangkan untuk memeriksa arsip kerja sama baru yang telah diinput menggunakan SIKERSA umum. Aplikasi SIKERSA ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi dengan jaringan internet.