Abstrak


Pengaruh Inovasi Telunjuk Sakti Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Dian Desy Rahmadhani - E3119039 - Sekolah Vokasi

Dian Desy Rahmadhani. 2023. PENGARUH INOVASI TELUNJUK SAKTI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Inovasi Telunjuk Sakti; 2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan publik melalui Telunjuk Sakti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh Inovasi Telunjuk Sakti terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna inovasi Telunjuk Sakti. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan inovasi Telunjuk Sakti sudah memenuhi kriteria sebagai suatu inovasi dan berada pada kategori sangat baik, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan kualitas inovasi Telunjuk Sakti kedepannya; 2) Kualitas pelayanan publik melalui inovasi Telunjuk Sakti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri sudah berjalan dengan baik, hal itu dapat dilihat dari tingkat capaian responden dan IKM sebesar 92,37 yang menunjukan bahwa masyarakat puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan; 3) Variabel inovasi Telunjuk Sakti mempunyai pengaruh secara signifikan sebesar 54,3% terhadap variabel kualitas pelayanan publik.