Abstrak


Analisis Laju Pertumbuhan dan Kontribusi Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah - Sewa Pemanfaatan Barang Milik Daerah berupa Tanah atau Bangunan untuk Reklame oleh BPKPAD Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Lina Nur'aini - V1420045 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan menganalisis Rasio Laju Pertumbuhan Sewa Pemanfaatan Barang Milik Daerah berupa Tanah atau Bangunan untuk Reklame dan Rasio Kontribusi sewa terhadap Retribusi Daerah Kabupaten Sukoharjo periode 2019-2022. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan sekunder berdasarkan observasi langsung dan wawancara dengan narasumber. Teknik analisis data menggunakan analisis rasio laju pertumbuhan dan rasio kontribusi.

       Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan realisasi sewa periode 2019-2022 berdasarkan kriteria rasio pertumbuhan mengindikasikan Tidak Berhasil dengan nilai rata-rata rasio pertumbuhan sebesar 29,02%. Kontribusi sewa  terhadap Retribusi Daerah Kabupaten Sukoharjo tahun anggaran 2019-2022 mengindikasikan Sangat Kurang dengan nilai rata-rata kontribusi sebesar 2,25%. Peningkatan rasio laju pertumbuhan disebabkan oleh beberapa faktor seperti peningkatan permintaan sewa tanah atau bangunan, penambahan penyewa baru, dan penambahan titik reklame. Penurunan rasio laju pertumbuhan disebabkan karena kurangnya sosialisasi dan terjadinya pandemic covid-19 sehingga yang mendorong penyewa melakukan penangguhan pembayaran. Pengendalian penyelenggaraan reklame dilakukan oleh BPKPAD yang tergabung dalam Tim Monitoring BMD untuk menciptakan ketertiban penyelenggaraan reklame. Penulis memberikan saran kepada BPKPAD untukmenerapkan sanksi 2%, menyelenggarakan sosialisasi, dan menambah jumlah petugas yang melakukan pendataan objek sewa.