Abstrak


Strategi Dalam Meningkatkan Periklanan Media Online Jawa Pos Radar Solo


Oleh :
Anindya Talitha Azzahra - V1620009 - Sekolah Vokasi

Dalam era digital saat ini, periklanan media online memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai audiens yang lebih luas dan mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan periklanan media online di salah satu perusahaan surat kabar yang ada di wilayah Solo, yaitu Jawa Pos Radar Solo.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan objek penelitiannya adalah media online Jawa Pos Radar Solo. Dan juga menggunakan metode pembahasan deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen perusahaan, yang akan menganalisis periklanan media online yang ada di Jawa Pos Radar Solo, menganalisis kendala apa saja yang dihadapi Jawa Pos Radar Solo dalam periklanan media online, dan menganalisis strategi yang dapat di implementasikan untuk meningkatkan periklanan media online Jawa Pos Radar Solo.

Jawa Pos Radar Solo memiliki dua media dalam periklanannya, yaitu media cetak dan media online. Periklanan Jawa Pos Radar Solo sendiri sudah dikenal oleh beberapa klien dengen dibuktikan dengan banyaknya klien yang menambah untuk memasang iklan kembali. Akan tetapi, periklanan media online Jawa Pos Radar Solo tidak sebanyak dengan perikalan media cetaknya. Maka dari itu, dibutuhkannya beberapa strategi untuk meningkatkan periklanan media online Jawa Pos Radar Solo.

Berdasarkan pembahasan yang ada dapat disimpulkan Jawa Pos Radar Solo mengimplementasikan kegiatan periklanan media online, ada beberapa kendala yang dihadapi Jawa Pos Radar Solo, dan strategi yang dapat dilakukan Jawa Pos Radar Solo dalam menghadapi kendala yang ada. Saran yang dapat dilakukan setelah penelitian ini selesai, yaitu Jawa Pos Radar Solo dalam mengimplementasikan periklanannya sudah bagus, dan bisa ditingkatkan lagi, penulis dapat mengkonfirmasi beberapa kendala yang ada setelah melakukan kegiatan observasi, dalam melakukan strategi yang disarankan, Jawa Pos Radar Solo dapat menyediakan budget lebih untuk mengimplementasikannya.