Abstrak


Optimasi Parameter Pembuatan Door Knob dari Daur Ulang Limbah Masker dengan Proses Injection Moulding


Oleh :
Muflikh Arizka Annabila - K2519059 - Fak. KIP

Muflikh Arizka Annabila. Pembimbing I: Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng. Pembimbing II: Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T. “OPTIMASI PARAMETER PEMBUATAN DOOR KNOB DARI DAUR ULANG LIMBAH MASKER DENGAN PROSES INJECTION MOULDING”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parameter dan parameter optimal injection moulding, yaitu barrel temperature, molding temperature, dan earloop terhadap shrinkage dan product weight dalam proses pembuatan door knob dengan limbah masker.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metode taguchi Orthogonal L4 menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan barrel temperature 200 oC dan 220 oC. Kemudian molding temperature 150 oC dan 165 oC. Serta dengan earloop atau tanpa earloop.
Hasil pengujian menunjukkan parameter molding temperature 66,43% merupakan parameter dengan kontribusi terbesar untuk mendapatkan shrinkage yang minimal dan product weight yang maksimal. Kemudian variasi parameter yang digunakan untuk mendapatkan shrinkage yang minimal dan product weight yang maksimal yaitu barrel temperature 220 oC, mold temperature 165 oC, dan menggunakan earloop.