Abstrak


Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Bolavoli Siswa Kelas VIII F SMP N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Ulfiana - O0119113 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas VIII F SMP N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023.

            Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII F SMP N 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 20 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

            Hasil analisis disampaikan menggunakan gambaran berupa foto dan video pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Dengan melihat perkembangan siswa dalam melakukan gerakan keterampilan bermain bolavoli dari yang tidak bisa menjadi bisa dan dari yang kurang aktif menjadi aktif pada saat pembelajaran penjasorkes berlangsung.

            Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bolavoli pada siswa kelas VIII F SMP N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023.