Abstrak


PERAN COPYWRITER DALAM MENINGKATKAN AWARENESS SEMARAK BUDAYA INDONESIA


Oleh :
Rafidah - V1120131 - Sekolah Vokasi

RAFIDAH, 2023, V1120131, PERAN COPYWRITER DALAM MENINGKATKAN AWARENESS SEMARAK BUDAYA INDONESIA, TUGAS AKHIR : PROGRAM STUDI DIPLOMA III, FAKULTAS SEKOLAH VOKASI, UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

            Indonesia memiliki kekayaan budaya, terutama dalam tarian tradisional. Untuk mempromosikan warisan budaya, diperlukan pendekatan inovatif menggunakan strategi promotion media dan visual branding melalui media sosial. Dengan cara ini, Semarak Budaya Indonesia dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat identitas budaya bangsa secara global.

Dalam kategori promotion media, program Semarak Budaya Indonesia menggandeng media partner untuk membuat reels atau rilis menarik dan informatif tentang kekayaan budaya Indonesia, terutama tarian tradisional, dan menggunakan Instagram, TikTok, dan YouTube sebagai platform utama. Acara tersebut menampilkan tarian tradisional Indonesia yang memukau dan melibatkan delegasi dari berbagai sanggar tari di seluruh Indonesia dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia dan memperkuat citra positif bangsa di dunia.

Copywriter memiliki peran penting dalam meningkatkan awareness Semarak Budaya Indonesia di media sosial dengan membuat naskah konten yang mengandung 3 key messages, menentukan detail penyebutan audiens, caption, hastag, dan tagline yang tepat.