Abstrak


Analisis Implementasi Pengembangan Agen BRILink Sebagai Inovasi Layanan Tanpa Kantor Secara Real Time Online Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Nusukan


Oleh :
Triastika Mega Aulia - V1720088 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan menganalisis pengetahuan masyarakat umum dan nasabah BRI mengenai BRILink. (2) mengetahui dan menganalisis peran Agen BRILink dalam memfasilitasi transaksi tanpa kantor secara real time online di Kelurahan Nusukan. (3) mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Agen BRILink dalam memberikan layanan perbankan pada masyarakat.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan pengumpulan data didapatkan melalui pengamatan langsung pada Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Unit Nusukan, dan melakukan pengamatan serta wawancara langsung dengan Agen BRILink daerah Nusukan serta penyebaran kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) sudah banyak masyarakat dan nasabah BRI yang mengetahui adanya program BRILink. (2) hadirnya BRILink memberikan kemudahan dalam masyarakat baik nasabah BRI, Bank BRI, maupun Agen BRILink yaitu memudahkan akses layanan perbankan, layanan yang diberikan tanpa dibatasi jam oprasional, dapat melakukan transaksi dalam jumlah kecil, menjadi shifting kerja oprasional, memperluas market share BRI, bagi agen akan mendapatkan sharing fee dan memperluas segmen usaha agen. (3)  Agen BRILink memiliki faktor pendukung penyebaran produknya yaitu dari kualitas pelayanan, faktor produk, faktor harga, lokasi strategis, waktu pelayanan. Agen BRILink juga mengalami beberapa kendala dalam memasarkan BRILink karena kualitas jaringan yang buruk, kurangnya pengetahuan, tingkat kepercayaan masyarakat yang rendah, lokasi Agen BRILink tidak strategis, dan biaya transaksi yang tinggi.