Abstrak


Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Nearpod Pada Siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sawit Tahun Pelajaran 2022/2023


Oleh :
Bagus Romadhoni Maghfur - K2519015 - Fak. KIP

Bagus Romadhoni Maghfur K2519015. Pembimbing I : Dr. Danar Susilo Wijayanto, ST., M.Eng., Pembimbing II : Towip, S.Pd., M.T. PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN NEARPOD PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SAWIT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keaktifan siswa di dalam kelas pada saat memanfaatkan aplikasi nearpod oleh siswa SMK, (2) mengetahui pengaruh pemanfaatan aplikasi nearpod terhadap hasil belajar oleh siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif dengan metode Quasi-Eksperimen. Sumber data penelitian ini meliputi kelas XI TKRO 2 SMK Negeri 1 Sawit tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelompokkan menjadi kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa dan kelas eksperimen dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validasi oleh dosen dan guru pengampu serta validasi isi dengan software Microsoft Office Excel 2019. Analisis data menggunakan aplikasi analisis data statistik. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, terjadi perbedaan keaktifan antara kelas kontrol dengan kelas ekperimen. Kelas eksperimen mengalami keaktifan lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kategori keaktifan sedang. Kedua, hasil uji t yang dapat dijelaskan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut merupakan di bawah dari ketentuan nilai signifikansi 0,05. Kesimpulan yang dapat dijelaskan yaitu H0 ditolak dan Ha diterima, maka hasil pada penelitian ini memiliki perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran dengan media nearpod.