Abstrak


RANCANGAN APLIKASI PELAYANAN ANTRIAN PASIEN DAN OBAT BERBASIS ANDROID DI KLINIK TRIYOLA NUSUKAN


Oleh :
Jovian Nathaniel U. - V3420043 - Sekolah Vokasi

Klinik Triyola merupakan klinik medis yang melayani praktik poli umum dan gigi, terletak di Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Klinik tersebut memiliki kendala tentang peningkatan pasien dan mekanisme pelayanan antrian yang masih konvensional, sehingga untuk keperluan pendaftaran dan informasi klinik, pasien harus datang langsung ke lokasi klinik. Kendala lain yang muncul adalah antrian pasien umum ataupun BPJS terkadang ada tumpang tindih. Kendala yang lain muncul di petugas pelayanan obat terdapat yaitu terbatasnya pencatatan stok obat juga masih dilakukan secara manual, sehingga untuk melakukan monitoring stok obat bergantung pada laporan pencatatan menggunakan kertas yang ditulis manual.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan aplikasi online ini untuk mempermudah pasien dalam pengantrian, mempermudah pasien untuk mendapatkan informasi tentang klinik triyola secara langsung, selain itu juga untuk mempermudah petugas farmasi dalam mengelola stok obat, monitoring transaksi obat dan membuat pengajuan obat dalam bentuk PDF sehingga bisa langsung dikirim ke WhatsApp distributor terkait.

Hasil dari penelitian yang dilakukan telah berhasil membangun Aplikasi Front End untuk Pelayanan Antrian Pasien dan Obat dengan menggunakan bahasa Kotlin, komponen library UI Jetpack Compose, komponen pendukung API client Retrofit, komponen pendukung penyimpanan internal ROM ( SQLite ) dan komponen pendukung notifikasi Firebase Message Service. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu mempermudah pasien untuk mendapatkan pelayanan di klinik dan mempermudah petugas farmasi untuk memonitor dan memanagement obat.