Abstrak


Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Fasilitas Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surakarta


Oleh :
Syafika Aliya - K7519083 - Fak. KIP

Syafika Aliya. K7519083. Pembimbing I: Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd.  Pembimbing II: Nur Rahmi Akbarini, S.Pd., M.Pd. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN FASILITAS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik terhadap Efektivitas Kerja Pegawai, (2) Pengaruh Fasilitas Kerja terhadap Efektivitas Kerja Pegawai, (3) Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Fasilitas Kerja terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Penelitian ini dilakukan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional yang mana digunakan untuk menjelaskan fenomena yang diteliti dengan menggunakan angka atau secara terukur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non Probality Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surakarta. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan  data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Efektivitas Kerja thitung 2,931 > ttabel 2,01537, (2) ada pengaruh yang signifikan Fasilitas Kerja terhadap Efektivitas Kerja hasil thitung 2,744 > ttabel 2,01537, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama – sama Lingkungan Kerja Fisik (X1) dan Fasilitas Kerja (X2) terhadap Efektivitas Kerja (Y) menghasilkan data Fhitung 11,395 > Ftabel 3,20.