Abstrak


Optimalisasi Museum Semedo sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal


Oleh :
Lutfiana Intan Nabila - V0220040 - Sekolah Vokasi

Lutfiana Intan Nabila. V0220040. 2023. Optimalisasi Museum Semedo sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret.

Kabupaten Tegal memiliki berbagai obyek wisata berupa daya tarik alam, budaya dan buatan. Selain itu, Kapubaten Tegal menyimpan peninggalan purba dari Kala Pleistosen yang ditemukan di Situs Semedo, yang kemudian dibangun Museum Semedo sebagai wisata edukasi. Museum Semedo merupakan satu-satunya situs purbakala yang berada di Tegal. Namun, keberadaan museum sebagai wisata edukasi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengoptimalkan Museum Semedo sebagai daya tarik wisata edukasi, dengan menganalisis aktivitas, pengelolaan museum, dan upaya pengelola mengoptimalkan Museum Semedo.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menyajikan data yang kemudian dijelaskan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi sistematis melalui pengamatan secara sistematis di Museum Semedo, wawancara pihak pengelola Museum Semedo, dokumentasi, dan studi pustaka sebagai tambahan informasi yang relevan.

Hasil dari penelitian menunjukan optimalisasi Museum Semedo sebagai daya tarik wisata edukasi kurang maksimal. Aktivitas yang dilakukan dengan mengunjungi ruang pamer ditemani pemandu dan berfoto. Selanjutnya dalam mengelola museum dilakukan pengelolaan koleksi dengan registrasi, perawatan, pengamanan, serta pemanfaatan pada koleksi, dan pengelolaan SDM dengan tujuan menjaga kualitas dari pengelola museum agar dapat menjalankan tugasnya dengan optimal. Kemudian usaha dari pengelola dalam mengoptimalkan Museum Semedo dengan melakukan maintenance, rencana pembangunan sarana edukasi dan program publik tahunan, serta memiliki strategi dalam mengoptimalkan pengembangan edukasi.

Kesimpulan yang diambil dalam mengoptimalkan Museum Semedo sebagai daya tarik wisata edukasi, perlu adanya pengelolaan koleksi dan sumber daya manusia yang optimal, melakukan maintenance bangunan serta sumber daya manusia Museum Semedo, memiliki rencana dalam upaya mengoptimalkan sebagai wisata edukasi, dan memiliki strategi dalam mengoptimalkan pengembangan edukasi.