Abstrak


PERPADUAN ECOPRINT DAN SLASHING UNTUK PRODUK ROMPI LAKI-LAKI


Oleh :
Aisya Maulidina Arbain - C0919003 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Aisya Maulidina Arbain. C0919003. 2023. Perpaduan Ecoprint dan Slashing untuk Produk Rompi Laki-laki. Tugas Akhir. Program Studi Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret.

Perancangan karya ini dilatarbelakangi oleh upaya yang dilakukan untuk membuat inovasi dari produk-produk ecoprint yang kini kian berkembang dan diminati. Pembaharuan dengan adanya perpaduan dari teknik ecoprint yang menggunakan pewarnaan alami daun ketapang untuk menghasilkan warna netral mengarah pada gelap sesuai dengan selera pangsa pasar yang diminati laki-laki, perancangan dikombinasikan dengan teknik slashing sebagai teknik imbuhan untuk memperoleh estetika baru di dalamnya dan karakteristik tegas yang disukai laki-laki sehingga dapat menampilkan kesan maskulin. Penerapan teknik ecoprint dan slashing diaplikasikan pada produk rompi, pakaian luaran tanpa lengan yang berfungsi sebagai pelindung atau penghangat tubuh yang dapat meningkatkan nilai estetika penampilan laki-laki dengan menggunakan teknik ecoprint yang masih minim pengembangan produk-produknya. Tujuan dari perancangan ini adalah memadukan dua teknik berbeda dalam pengerjaannya, yakni teknik ecoprint dan teknik slashing untuk produk tekstil berupa rompi laki-laki.

Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah penelitian kualitatif dengan Teori Penciptaan SP. Gustami yang terdiri dari tahap eksplorasi, tahap perancangan, dan tahap perwujudan. Tiga tahap proses tersebut dijabarkan dalam langkah strategi penyelesaian masalah perancangan karya ini. Yakni. (1) Proses eksplorasi berupa penggalian sumber ide dengan menganalisa permasalahan, pengumpulan data melalui beberapa tahapan yaitu (studi lapangan, wawancara, ujicoba), serta menganalisa produk melalui riset artistik karya terdahulu dengan pembuatan sketsa desain motif dan bentuk produk. (2) Proses perancangan berupa menuangkan ide dalam visualisasi gagasan atau konsep karya yang lebih mendetail dengan mempertimbangkan segala aspek yaitu fungsi, estetika, teknik, bahan dan segmen pasar. Perancangan ini mencakup alternatif desain pada perancangan karya dan pilihan sketsa terbaik sebagai acuan reka bentuk atau teknik untuk perwujudan karya. (3) Tahapan akhir proses adalah perwujudan karya yang mencakup proses pembuatan atau produksi karya, finishing dan evaluasi akhir terhadap karya.

Hasil dari perancangan ini adalah produk tekstil berupa perwujudan rompi untuk laki-laki dari perpaduan teknik ecoprint dan teknik slashing. Perwujudan dibuat dengan beberapa desain alternatif untuk menghasilkan karya rompi yang sesuai dengan karakter laki-laki. Hasil mengarah pada karakteristik dua teknik yang berbeda antara teknik ecoprint dan teknik slashing, pewarnaan dari daun ketapang untuk memperoleh warna dari selera laki-laki, pemilihan bahan yang tepat untuk produk rompi laki-laki dan hasil motif yang diwujudkan pada perancangan karya ini melalui teknik ecoprint dan teknik slashing.