Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karanggadung Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Muntafi'ah Risqi Kurniawati - K7119174 - Fak. KIP

Muntafi’ah Risqi Kurniawati. K7119174. Pembimbing I: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Ngatman, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KARANGGADUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi aksara jawa, (2) meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi aksara jawa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan multimedia, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi aksara aksara jawa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan lima pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Karanggadung tahun ajaran 2022/2022 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) langkah-langkah penerapan model pembelajara kooperatif tipe make a match dengan multimedia yaitu: menyiapkan media pembelajaran, pembagian kartu, pencarian pasangan, pemberian poin, pengulangan teknik, pembuatan kesimpulan; (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar bahasa jawa materi aksara jawa pada siswa kelas III SD Negeri 1 Karanggadung tahun ajaran 2022/2023 dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai III berturut-turut yaitu 70,45%, 79,54%, dan 86,36%. (3) Kendala solusi yang dihadapi antara lain: siswa kurang fokus selama pembelajaran, siswa kurang tertib selama mengikuti pembelajaran, guru kurang membimbing saat berdiskusi. Solusinya yaitu: guru mengembalikan fokus siswa dengan melakukan variasi tepukan, guru memberikan peringatan kepada siswa untuk tetap tertib selama pembelajaran, guru berkeliling untuk membimbing masing-masing kelompok siswa.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa materi aksara Jawa pada siswa kelas III SD Negeri 1 Karanggadung tahun ajaran 2022/2023.