Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Pop-Up Book dalam Peningkatan Pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV SDN Gadungrejo Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Ika Rahmawati - K7119116 - Fak. KIP

Ika Rahmawati. K7119116. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, MPd. Pembimbing II: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPAS TENTANG INDONESIAKU KAYA BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN GADUNGREJO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book dalam peningkatan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya, (2) meningkatkan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya dengan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book dalam peningkatan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersama guru kelas IV SDN Gadungrejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian ini ialah guru dan 27 siswa kelas IV SDN Gadungrejo tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gadungrejo, guru kelas IV SDN Gadungrejo, dan dokumen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book untuk meningkatkan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya pada siswa kelas IV SDN Gadungrejo tahun ajaran 2022/2023 yaitu: (a) orientasi masalah berbantuan media Pop-Up Book, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar berbantuan  media Pop-Up Book, (c) membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (e) analisis dan evaluasi masalah, (2) penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book dapat meningkatkan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya pada siswa kelas IV SDN Gadungrejo tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar IPAS pada ranah kognitif siklus I = 68,52%, siklus II = 77,76%, dan siklus III = 88,89%. Rata-rata persentase pada hasil belajar afektif siklus I = 76,39%, siklus II = 86,11%, dan siklus III = 91,67%. Sedangkan rata-rata persentase hasil belajar psikomotor siklus I = 82,28%, siklus II = 88,53%, dan siklus III = 92,70%. (3) kendala pada penelitian yaitu: (a) suasana kelas kurang kondusif, (b) siswa gaduh saat membentuk kelompok, (c) siswa kurang kerja sama saat berdiskusi dengan kelompoknya, (d) siswa pasif saat menganggapi presentasi kelompok, (e) siswa belum jujur saat mengerjakan soal yang diberikan guru, (f) beberapa siswa malu untuk bertanya kepada guru terkait materi yang belum dipahami. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru lebih tegas dan mengingatkan siswa, (b) guru lebih tegas dalam pembagian kelompok dan mengingatkan siswa untuk tidak gaduh, (c) guru mengarahkan pembagian tugas kelompok dan memotivasi siswa untuk melakukan kerja sama saat berdiskusi, (d) guru memotivasi siswa untuk aktif dan memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran, (e) guru menegur siswa dan akan memberikan pengurangan nilai kepada siswa yang tidak jujur, (f) guru memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih percaya diri dan mau bertanya kepada guru.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Pop-Up Book dapat meningkatkan pembelajaran IPAS tentang Indonesiaku kaya budaya pada siswa kelas IV SDN Gadungrejo tahun ajaran 2022/2023.