Abstrak


Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Tambak Tahun Ajaran 2022/2023


Oleh :
Herra Safari Putri Apriliana - K7119112 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif atau ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak dengan jumlah 523 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 247 siswa berasal dari 12 SDN di Kecamatan Tambak yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi (KP), dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai Sig. 0,000 < 0> ttabel 1,969. Sumbangan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V sebesar 19,1?n sisanya 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Tambak tahun ajaran 2022/2023, yang menunjukkan semakin tinggi kecerdasan interpersonal, maka semakin meningkat pula prestasi belajarnya.