Abstrak


Pengembangan E-modul Praktikum Berbasisi Problem Based Learning pada Mata Kuliah Praktik Motor Bakar Lanjut di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNS


Oleh :
Fuad Dwi Mustofa - K2519036 - Fak. KIP

Fuad Dwi Mustofa. K2519036. PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR BAKAR LANJUT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan suatu bahan ajar praktik dalam bentuk  e-modul praktikum mata kuliah motor bakar lanjut di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin yang dinyatakan layak (2) mengetahui kepraktisan e-modul praktikum pada mata kuliah praktik motor bakar lanjut di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrument yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar kebutuhan e-modul praktikum, lembar validasi e-modul praktikum oleh para ahli, lembar penelitian dosen pengampu mata kuliah praktik motor bakar lanjut dan lembar respon mahasiswa. Uji coba produk e-modul praktikum dilakukan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2021 yang saat ini sedang mengambil mata kuliah praktik motor bakar lanjut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis lembar validasi oleh para ahli diperoleh bahwa e-modul praktikum dinyatakan layak digunakan dengan skor persentase hasil ahli materi sebesar 88.8 % (kategori sangat layak), ahli media sebesar 86.4 % (kategori sangat layak), dan ahli bahasa sebesar 97.5% (kategori sangat layak). Berdasarkan hasil analisis lembar kepraktisan e-modul praktikum oleh respon mahasiswa dan penilaian dosen pengampu mata kuliah praktik motor bakar lanjut menunjukkan bahwa e-modul praktikum dinyatakan praktis dengan hasil skor presentase respon mahasiswa sebesar 88.9 % (kategori sangat praktis) dan penilaian dosen pengampu menunjukkan skor 85.3% (kategori sangat praktis). Sehingga e-modul praktikum dinyatakan layak dan praktis digunakan oleh mahasiswa sebagai bahan ajar dalam menunjang pembelajaran praktik motor bakar lanjut.